• Minggu, 24 September 2023

Cari Tahu Yuk Pihak-pihak Ini yang Dituding Telah Ikut Back-up Panji Gumilang, Siapa Saja?

- Senin, 31 Juli 2023 | 14:28 WIB
Panji Gumilang.* (Foto: CNN Indonesia.com)
Panji Gumilang.* (Foto: CNN Indonesia.com)

 

MELENGGANG.COM- Seperti memiliki kekuatan dan pengaruh besar, hingga saat ini Polri belum berani menetapkan status Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang sebagai tersangka atas dugaan penistaan agama meskipun kasus telah masuk tahap penyidikan. Proses itu disebut masih berjalan.

"Masalah penetapan tentunya itu sangat teknis, nanti semuanya akan disampaikan," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di Mall Lippo Kemang, Jakarta Selatan, dilansir dari liputan6.com.

Sigit menegaskan penyidikan terhadap pimpinan Ponpes Al Zaytun tersebut hingga kini masih terus berjalan.

Baca Juga: BPS Pakai Pendekatan Kebutuhan Dasar untuk Mengukur Tingkat Kemiskinan Ekstrem di Indonesia, Ini Penyebabnya

Senada dengan Sigit, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Sandi Nugroho menjelaskan penetapan status hukum Panji merupakan kebijakan dari penyidik yang menangani kasus tersebut. Meskipun penyidik telah memeriksa sejumlah saksi.

Adapun saksi yang sudah diperiksa atas kasus dugaan penistaan agama itu, mulai dari ahli agama, bahasa, hingga Labfor yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Memang harus hati-hati karena menentukan nasib orang. Polri tidak sembarangan dalam menetapkan nasib orang," tegas Sandi.

Baca Juga: Saat Ini Google Mengkhawatirkan Isi Draf Perpres tentang Jurnalisme Berkualitas yang Akan Berlaku di Indonesia

Di tengah polemik Ponpes Al Zaytun, sejumlah pesohor dituding menjadi beking dari pesantren tersebut. Mulai dari Istana hingga mantan Kepala BIN Hendropriyono. Selain itu juga nama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko muncul dalam deretan yang membekingi Ponpes Al Zaytun. 

Berikut bantahan mereka terkait Panji Gumilang:

Istana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membantah isu bahwa ada pihak Istana yang membekingi pondok pesantren (ponpes) Al-Zaytun, Indramayu.

Dia juga membantah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai salah satu sosok yang membekingi Ponpes Al-Zaytun.

Halaman:

Editor: Felixianus Ali

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X